0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bantuan Modal Minim, UMKM Didorong Utang ke Bank

Sejumlah UMKM Boyolali mengikuti pameran (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Minimnya bantuan permodalan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Dinas Koperasi dan UMKM Boyolali, pelaku usaha didorong untuk hutang modal ke perbankan dengan bunga lunak. Hal tersebut lebih utama dibandingkan dengan bantuan modal yang bersifat hibah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Boyolali, Agus Partono mengungkapkan, banyaknya bantuan yang dikurangi, pelaku UMKM diminta untuk mencari bantuan permodalan dengan cara berhutang di bank. Hanya saja, disarankan untuk mencari bantuan dengan bunga lunak. Untuk saat ini, dinas lebih banyak mendorong pada pemberian fasilitas maupun pemasaran bagi UMKM.

“Bantuan-bantuan dikurangi, saat ini kami arahkan supaya pinjam modal ke bank supaya UMKM lebih mandiri,” ungkap Agus, Jumat (6/9).

Di sisi lain, saat ini pinjaman permodalan dengan bunga sangat ringan juga sudah disediakan pemerintah. Pinjaman dengan bunga enam persen per tahun, dapat diajukan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) di banyak bank seperti BRI, Bank Boyolali, Bank Jateng, maupun Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) pusat. Sedangkan untuk plafon pinjaman cukup besar, yakni mencapai Rp 500 juta.

Terkait ini pihaknya terus berupaya memberikan fasilitas untuk meningkatkan bankable UMKM yang ada di Boyolali. Pasalnya untuk mendapatkan pinjaman bunga lunak tersebut salah satunya yakni dengan rekomendasi dari Dinkop UMKM. “Saat ini pinjaman modal lunak sampai saat ini sudah lebih dari Rp 600 miliar sejak tahun 2005,” jelas dia.

Di Boyolali terdapat sekitar 24 ribu pelaku UMKM yang terdata di dinas. Sedangkan omzet perputaran uang dari UMKM mencapai ratusan miliar rupiah per tahun. Fasilitas pengembangan UMKM khususnya untuk pemasaran di antaranya dengan menggelar even-even seperti Ekspo Raya dalam rangka pesta rakyat boyongan Kantor Kabupaten Boyolali di Kemiri, Kecamatan Mojosongo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge