0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota: Linmas Usia 56 Tahun Masih Bisa, Asal…

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Solo yang berusia di atas 56 tahun tidak perlu khawatir. Terdapat pengecualian dalam menerapkan standarisasi usia dan pendidikan bagi anggota Linmas.

Sesuai dengan Perwali No. 58A tahun 2012, dicantumkan batasan usia bagi anggota Linmas sekurang-kurangnya 19 tahun dan maksimal 56 tahun dengan jenjang pendidikan minimal SMP atau sederajat. Namun masih ada toleransi bagi angota Linmas yang berusia lebih dari 56 tahun dengan konsekuensi tertentu.

“Belum tentu semua akan di-drop. Akan dilihat, jika masih produktif dalam melaksanakan tugas dan betul-betul memberikan kontribusi pada Pemkot dan masyarakat,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Jumat (6/9) di Stadion Manahan, Solo.

Dijelaskan, kriteria khusus yang menjadi pertimbangan bagi anggota Linmas yang berusia melebihi aturan sesuai Perwali tersebut meliputi kondisi fisik, prestasi dan berkelakuan baik atau tidak pernah merugikan masyarakat. Dalam hal ini, tiap kelurahan berhak memberikan penilaian atau pertimbangan kepada petugas Linmas yang dimaksud.

Untuk mengimplementasikan Perwali itu, Pemkot dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan membuatkan petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) bagi anggota Linmas.

“Nantinya Linmas tidak seperti sekarang ini, diberi Juklak dan Juknis sesuai Tupoksinya. Menjaga ketertiban, keamanan lingkungan dan menjaga kebersihan,” terang pria yang kerap disapa Rudy itu.

Terkait pemenuhan kebutuhan anggota Linmas yang ada saat ini, akan dilakukan pemetaan pada masing-masing kelurahan. Menurutnya, sesuai dengan aturan Perwali, jika jumlah yang ada saat ini tidak memenuhi kebutuhan pada suatu wilayah, akan ditambah.

Diketahui, jumlah anggota Linmas di Kota Solo saat ini sebanyak 1.662 orang. Satpol PP sendiri kini tengah menyiapkan pemetaan untuk mengetahui jumlah kebutuhan anggota Linmas di masing-masing wilayah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge