0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

15 KK Wonogiri Transmigrasi ke Sulteng dan Kalbar

Kabid Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri, Suwandi (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Sebanyak 15 kepala keluarga (KK) Wonogiri bakal mengikuti program transmigrasi gratis dari pemerintah dan diberangkatkan tahun 2013 ini. Sekitar Nopember atau Desember, mereka akan ditempatkan di 2 lokasi.

Tujuan transmigrasi warga Wonogiri berada di dua provinsi. Yakni Sulawesi Tengah (Buol), dan Kalimantan Barat (Kayong Utara). Hingga saat ini sudah ada 81 peminat transmigrasi tersebut.

“Yang meminati 81 KK sampai saat ini, kemungkinan bisa bertambah hingga akhir September. Padahal kuotanya hanya 15 KK. Ya, kami seleksi meliputi kesehatan, niat, dan pertimbangan lainnya,” ujar Kabid Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri, Suwandi, di ruangannya, Jumat (6/9).

Mewakili Kepala Dinas Nakertrans Wonogiri Sri Wiyoso, Suwandi menjelaskan nantinya transmigran di Buol akan ada 10 KK (Kepala Keluarga), sedang, sisanya sebanyak 5 KK lagi ditempatkan di Kayong Utara. Sebagai perbandingan, tahun kemarin berangkat 28 KK, perinciannya, untuk lokasi Konawe Sulawesi Tenggara 18 KK dan Lamando Kalimantan Tengah 10 KK.

“Rencananya awal Oktober kami akan melakukan cek lokasi bakal transmigrasi nanti. Apakah rumah sudah layak atau belum, bagaimana lahan dan fasilitas lainnya, dan seterusnya, apakah sudah siap atau belum. Informasi di Buol siap 75 persen, Kayong 60 persen,” paparnya.

Disinggung soal Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM), disebutkan belum ada lagi program untuk itu. Terhitung sejak tahun 2010 pemerintah pusat belum membuka program tersebut.

Di sisi lain, Suwandi menuturkan, masih ada 44 KK eksodus dari Nangroe Aceh Darusalam (NAD) yang ada di Wonogiri. Sebelumnya, ada 75 KK. Namun, sebagian telah pindah kediaman mengikuti anak, atau membeli lahan lain. Keempatpuluhempat KK tersebut tersebar di Desa Selomarto dan Sirnoboyo (Kecamatan Giriwoyo) dan Watuagung (Baturetno).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge