0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akan Distandarisasi, Sejumlah Anggota Linmas Solo Panik

Sejumlah anggota Linmas Solo saat membantu mengatur lalu-lintas (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo —  Rencana standarisasi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) kota Solo pada 2014 mendatang mendapat tanggapan berbeda dari kalangan internal anggota Linmas. Banyak anggota Linmas yang khawatir posisinya tergantikan dengan adanya kebijakan tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) no. 58A tahun 2012, dicantumkan batasan usia bagi anggota Linmas sekurang-kurangnya 19 tahun dan maksimal 56 tahun. Tiap anggota Linmas juga berpendidikan minimal SMP atau sederajat.

“Dari total anggota Linmas yang ada di kota Solo, 80 persen berada pada usia 50-70 tahun. Apakah dengan Perwali tersebut nantinya kami akan tergeser atau tergantikan?” kata Ketua II Paguyuban Linmas se-kota Solo, Sutaryanto kepada wartawan, Jumat (6/9).

Menurutnya, dengan persyaratan yang ada sesuai dengan Perwali tersebut, akan sulit mencari anggota Linmas baru pada usia-usia produktif. Pasalnya, dari sisi upah, selama ini masih berada di bawah UMK.

Seorang anggota Linmas di kota Solo mendapat upah sebesar Rp 22.500 tiap kali shift per hari dengan lama waktu shift 8 jam. Artinya, dalam sebulan, mereka hanya mendapat upah berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 700 ribu.

Pada sisi lain, anggota Linmas yang lama diangkat berdasarkan SK Walikota tahun 2008 dibawah kantor Kesbangpolinmas (sekarang sudah menjadi Kesbangpol). “Artinya SK yang lama kan belum dicabut? Apakah nanti kami akan diberhentikan dengan hormat atau bagaimana,” terangnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge