0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mbah Mugi Tampil dalam Pembukaan Festival Danau Toba

Mugiyono Kasido atau akrab disapa Mbah Mugi (dok.timlo.net/ist)

Solo — Penari kontemporer Indonesia, Mugiyono Kasido akan tampil dalam pembukaan Festival Danau Toba, Minggu (8/9) nanti. Acara yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara rencananya bakal berlangsung selama sepekan.

Dalam upacara pembukaan yang dipusatkan di area terbuka di daerah Danau Toba, Sumatera Utara, seniman yang akrab dengan sebutan Mbah Mugi itu akan tampil berkostum putih layaknya seorang resi dengan kain yang menjuntai panjang. Pada even yang berlangsung di Kabupaten Samosir itu juga disertai gelaran berbagai lomba mulai olahraga air hingga lomba seni dan budaya setempat.

Kali ini Mugi tidak membawakan tarian karyanya yang sudah ada melainkan seperti melakukan doa yang dikemas kedalam media tari.

“Jadi saya pilih kostumnya berwarna putih. Selain melambangkan kesucian, secara artistik di panggung terbuka akan lebih indah,” tutur Mbah Mugi kepada wartawan, Kamis (5/9) siang.

Mbah Mugi yang terpilih menjadi salah satu peserta IPAM (Indonesia Performing Art Mart) tahun 2013 ini sedang menyiapkan sebuah karya baru untuk dipentaskan pada minggu ketiga September ini. Karya tunggal yang diciptakan tetap menggali dari tradisi yang sudah ada bahkan temanya juga tentang salah satu seni tradisi Indonesia.

Karya-karya tari kontemporer Mbah Mugi sejak 1994 telah dipentaskan keliling dunia, mulai dari Korea Selatan, Yunani, Swedia, Perancis, Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Singapura dan lain-lain.

Kolaborasi dengan seniman antar benua maupun antarnegara juga telah dilakoninya sejak era abad 19 akhir. Penari lentur berusia kepala empat ini telah berkolaborasi dengan seniman dari Australia, Korea Selatan, Thailand, Belanda, Swedia, Malaysia, Jepang dan lainnya. Tak hanya itu, dirinya juga memberi workshop baik di dalam maupun di luar negeri.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge