0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gedung Putih Kemiri Mirip Gedung Putih Amerika

Gedung Pemkab Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Bupati Boyolali Seno Samudro, pagi tadi, Kamis (5/9) menempati kantor barunya di Komplek Perkantoran Terpadu Kemiri Mojosongo. Gedung megah berwarna putih tersebut diberi nama Kemiri White House atau Gedung Putih. Bangunan ini terlihat lebih megah dibandingkan gedung perkantoran lainnya.

Bupati Boyolali, Seno Samudro, mengakui desain kantor barunya sengaja mirip dengan Gedung Putih Amerika Serikat. Dengan tiang penyangga besar berjumlah lima buah, daun pintu yang dibuat seperti rumah model spanyol, hanya saja yang berbeda adalah dua patung Ganesha di kiri kanan pintu masuk.

“Sengaja saya desain seperti gedung putih Amerika Serikat, Saya akui banyak yang memuji dan mengkritik, tapi saya tanggapi positif sajalah,“ ungkapnya santai ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/9).

Bupati menceritakan desain bangunan itu bermula dari usulan arsitek dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Saat itu, katanya, ada lima pilihan desain untuk kantor baru bupati. Di samping itu, dirinya juga menyurvei beberapa gedung sebagai contoh desain bangunan kantor baru bupati tersebut. Survei dilakukan di Taman Mini (Taman Mini Indonesia Indah), Bandara Soekarno Hatta, serta Joglo Balaikota Solo, tapi ternyata dari survei itu tidak pas untuk desain kantor bupati. Ada pula usulan desain bangunan kolonial dan ternyata lebih cocok itu yang memungkinkan untuk ditiru.

Survei desain gedung, ditambahkan Bupati, juga sempat dilakukan untuk kantor baru DPRD Boyolali di kawasan yang sama. Saat ini, pembangunan kantor baru DPRD juga telah dilaksanakan dan desain bangunan itu juga mirip dengan Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta.

“Bisa dilihat, bagian atasnya dibuat mirip dengan yang di Senayan (Gedung DPR RI),” katanya.

Sementara itu, hari pertama di kantor yang baru, beberapa staf Bupati yang berada di sejumlah ruangan lain di kantor baru tersebut terlihat sibuk menata berbagai barang dan perlengkapan yang dibawa dari kantor bupati lama di Jl. Merbabu Boyolali. Sementara sejumlah staf lainnya, tampak membersihkan beberapa ruang lainnya di dalam gedung tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge