0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2014, Pemkot Solo Rekrut 360 Petugas Linmas Baru

Sejumlah anggota Linmas Solo saat membantu mengatur lalu-lintas (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Dirasa masih terbatas, jumlah petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) di kota Solo akan ditambah pada 2014 mendatang. Pemkot akan merekrut sedikitnya 360 petugas Linmas baru yang akan ditugaskan di sejumlah lokasi vital.

Kepala Bidang Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Solo, Suwoto mengungkapkan, secara teknis, petugas Linmas dibagi menjadi 2 kategori, yakni Linmas Kelurahan dan Linmas Kota. Saat ini, Pemkot memiliki 1.662 petugas Linmas Kelurahan dan baru akan merekrut Linmas Kota di tahun depan.

“Linmas Kota ini bertugas mengamankan sejumlah objek vital yang ada di dalam kota Solo. Selain itu Linmas Kota juga bisa membantu aparat Kepolisian Lalu Lintas untuk bertugas di tempat-tempat rawan kemacetan,” terangnya kepada wartawan, Kamis (5/9).

Ia mengakui, selama ini tugas Linmas Kelurahan dinilai terlalu luas. Linmas Kelurahan seringkali ditugasi untuk berjaga pada saat penyelenggaraan event-event di dalam kota dan sejumlah penugasan lain di luar wilayahnya.

Kondisi tersebut, dinilai kurang ideal. “Di daerahnya saja, seperti kawasan Mojosongo, Kecamatan Jebres, jumlah personelnya sendiri terbatas,” ungkapnya.

Sejumlah aturan untuk melakukan rekruitmen sudah tercantum dalam Peraturan Walikota (Perwali) no. 58A tahun 2012. Dalam Perwali itu, dicantumkan batasan usia bagi anggota Linmas sekurang-kurangnya 19 tahun dan maksimal 56 tahun. Hanya, pada saat rekruitmen, usia yang bersangkutan tidak boleh melebihi 40 tahun. Tiap anggota Linmas juga berpendidikan minimal SMP atau sederajat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge