0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Terapkan Standarisasi Anggota Linmas

Apel Siaga Satlinmas (dok.timlo.net/rori)

Solo —  Pemkot Solo akan menerapkan standarisasi bagi petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada 2014 mendatang. Standarisasi meliputi jenjang usia dan pendidikan masing-masing anggota Linmas.

Sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) no. 58A tahun 2012, dicantumkan batasan usia bagi anggota Linmas sekurang-kurangnya 19 tahun dan maksimal 56 tahun. Tiap anggota Linmas juga berpendidikan minimal SMP atau sederajat.

“Saat ini kondisi di lapangan banyak anggota Linmas yang berusia di atas 56 tahun. Kami sedang menyiapkan pemetaan terhadap anggota Linmas yang ada di kelurahan,” kata Kepala Bidang Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Solo, Suwoto kepada wartawan, Kamis (5/9).

Dari hasil pemetaan yang dilakukan, akan diketahui jumlah anggota Linmas yang berusia di atas 56 tahun dan jenjang pendidikan masing-masing anggota. Harapannya, anggota Linmas yang berusia di atas 56 tahun bisa regenerasi.

Namun demikian, ia menghimbau kepada anggota Linmas yang telah berusia di atas batas maksimal seperti yang diatur dalam Perwali tersebut untuk tidak resah. Mereka tidak serta merta langsung digantikan.

“Dalam hal ini kami lakukan sosialisasi pada 2014. Saat ini sosialisasi sudah kami lakukan, namun baru sebatas pada tingkat kelurahan dan Kecamatan saja,” ungkapnya.

Selama ini, jumlah Linmas yang ada di kota Solo mencapai 1.662 orang yang tersebar di 51 kelurahan. Tiap Linmas menerima honor sebesar Rp. 22.500 tiap kali shift per hari dengan masa tugas selama 8 jam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge