0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidang Cebongan: Divonis 11 Tahun, Serda Ucok Ajukan Banding

Sidang kasus Lapas Cebongan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Ketua Majelis Hakim Pengadilan Militer Letkol CHK Joko Sasmito memutuskan Serda Ucok divonis 11 tahun penjara, Serda Sugeng 8 tahun penjara dan Koptu Kodik 6 tahun penjara. Ketiganya memutuskan untuk banding.

“Kami bertiga memutuskan untuk mengajukan banding,” ujar Serda Ucok di hadapan majelis hakim pengadilan militer, Yogyakarta, Kamis (5/9).

Ketua Majelis Hakim Letkol CHK Joko Sasmito sempat menawarkan empat hak kepada ketiga terdakwa tersebut. “Ada empat hak yang bisa digunakan, antara lain sikap menerima, menolak putusan kemudian banding, pikir-pikir selama tujuh hari dan menerima putusan kemudian grasi,” jelas Joko.

Selain membacakan vonis terhadap tiga terdakwa, Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Koptu Kodik, Majelis Hakim Pengadilan Militer II – 11 Yogyakarta juga membacakan hukuman terhadap lima anggota Kopassus yang menjadi terdakwa dalam kasus ini. Kelima terdakwa itu adalah Sertu Tri Juanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Martinus Roberto, Sertu Suprapto, dan Sertu Hermawan Siswoyo.

Dalam putusannya, majelis hakim yang diketuai oleh Kepala Pengadilan Militer Letkol Faridah Faisal menjatuhkan vonis kepada kelima terdakwa dengan hukuman 1 tahun 9 bulan penjara.

“Para terdakwa ini terbukti membantu pembunuhan berencana,” kata Majelis Hakim Faridah, Kamis (5/9).

Hukuman terhadap lima terdakwa ini lebih ringan satu bulan dari tuntutan Tim Oditur Militer II-11 Yogyakarta. Kelimanya sebelumnya dituntut dua tahun penjara. [ded]

Sumber: merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge