0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, 80 Waduk Wonogiri Mengering

Warga menyemut di waduk Jarak Batuwarno untuk menangkapi ikan lantaran air menyusut (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Jumlah telaga dan waduk di Wonogiri yang mengering, bakal bertambah. Menyusul adanya 7 waduk yang diprediksi mengering pada pertengahan bulan September ini.

Sebelumnya ada 73 waduk dan telaga yang telah mengering, dari total 97 yang ada di wilayah Wonogiri. Dan berdasarkan pemetaan Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM), kemungkinan besar bertambah 7 waduk lagi yang mengering.

Kepala DPESDM Arso Utoro melalui Kabid Pengairan Djuwarso mengungkapkan, ketujuh waduk tersebut diantaranya, Ngancar/Jarak Kecamatan Batuwarno, Nawangan di Giriwoyo, Songputri di Eromoko,, Banaran Kecamatan Eromoko, Parangjoho Eromoko, Kedunguling Eromoko, dan Waduk Tandon Kecamatan Selogiri.

“Semua waduk tersebut sudah dalam keadaan kritis untuk pengaliran irigasinya. Sekitar pertengahan September air nanti sudah habis,” ujar Djuwarso di ruangannya, Kamis (5/9).

Bakal mengeringnya sejumlah waduk tersebut menurut dia sudah diantisipasi kalangan petani. Lahan pertanian yang menggantungkan air pada irigasi waduk, akan dibiarkan tidak ditanami atau istilahnya bero.

Sugiyanti, warga Selopuro, Batuwarno membenarkan Waduk Ngancar atau Jarak di daerahnya akan segera mengering. Banyak penduduk yang memanfaatkan situasi minimnya air untuk menangkap ikan di dalamnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge