0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipasang Blower, Pedagang Terminal Bisa Gunakan Kompor

Terminal Tirtonadi Solo sisi barat (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Sebanyak 15 kios di Terminal Tirtonadi sisi barat segera dipasangi blower. Pemasangan blower agar pedagang dapat memasak dengan menggunakan kompor gas. Pengadaan 15 blower tersebut dianggarkan di APBD Perubahan 2013 senilai Rp 50 juta.

Dengan pemasangan blower tersebut, pelarangan penggunaan kompor gas di kios terminal baru sisi barat bakal dicabut. Sebelumnya pedagang dilarang menggunakan kompor gas lantaran bakal merusak hawa sejuk yang dikeluarkan Air Conditioner (AC) di ruang tunggu.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Agus Eko Susanto mengatakan pengadaan 15 blower agar tidak menimbulkan kecemburuan antar pedagang. Pasalnya kios pedagang di terminal baru sisi tengah diperbolehkan menggunakan kompor gas lantaran sudah tersedia blower.

“Kios baru di sisi tengah itu sudah dilengkapi blower yang menjadi satu paket pengerjaan pembangunan terminal. Jadi pedagang yang menggunakan kompor gas tidak masalah karena sudah dilengkapi blower di setiap kios. Agar tidak ada kecemburuan, kios terminal barat akan kita lengkapi blower juga,” katanya kepada Timlo.net, Kamis (6/9).

Pemasangan blower di kios terminal barat hanya untuk 15 kios yang melakukan aktivitas memasak makanan.Totalnya ada 66 kios di terminal baru sisi barat termasuk kios yang difungsikan sebagai mushola, ruang menyusui dan smooking area.

Agus menambahkan, pemasangan blower dipastikan tidak akan membongkar konstruksi bangunan terminal. Nantinya pemasangan dilakukan hanya dengan melubangi plafon di atas kios sebesar lubang pipa.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Solo, Abdullah AA meminta pedagang berhati-hati dengan diperbolehkannya memasak dengan dengan menggunakan kompor gas.

“Pedagang harus hati-hati saat menggunakan kompor gas di dalam kios. Harus tersedia juga Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di kios yang dilengkapi blower,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge