0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyuri Burung Sambil Bawa Ganja, Nanang Dipenjara

Tersangka pencurian burung (kiri) menjalani pemeriksaan di kantor polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Nanang Prihadi (45), warga Panularan, Laweyan ditangkap oleh satuan Polisi Sektor (Polsek) Banjarsari, Solo. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai buruh srabutan itu nekad melakukan aksi pencurian burung milik Jarwo, warga Punggawan, Banjarsari.

Ketika itu tersangka diajak Andi untuk keliling daerah Punggawan. Setibanya di rumah milik Jarwo, Andi, langsung masuk ke dalam rumah untuk mengambil dua burung kacer, milik Jarwo. Sedangkan Nanang menunggu di luar rumah sambil mengamati lingkungan.

Sesaat setelah burung berhasil dicuri, aksi tersebut diopergoki oleh massa.  Burung yang ditangkap Andi tersebut lantas diberikan kepada Nanang, sedangkan Andi langsung melarikan diri dan lolos dari kejaran massa. Nanang yang masih berada di lokasi kejadian langsung dihajar massa dan diserahkan kepada pihak kepolisian.

Di hadapan penyidik, Nanang, mengaku tidak tahu menahu atas rencana pencurian burung milik Jarwo tersebut. Menurutnya, ia hanya mengikuti temannya tersebut, tanpa mengatahui rencana setelahnya.

“Andi baru kenal dengan saya sekitar dua pekan lalu, sesaat sebelum pencurian Andi meminjam sepeda motor saya. Akan tetapi karena saya kawatir, saya mengikutinya, ternyata dibawa untuk mencuri,” ucapnya.

Saat diamankan polisi, ditemukan juga barang bukti satu paket ganja kering dalam saku milik tersangka. Menurut Nanang, ganja kering tersebut diserahkan oleh Andi bersamaan dengan burung curian dari Jarwo tersebut.

Kapolsek Banjarsari, Komisaris Polisi (Kompol) I Ketut Rahman, menyebutkan untuk mempertanggung jawabkan kasusnya tersebut, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Selain itu tersangka juga dijerat dengan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika. “Kerugian diderita Jarwo, sekitar Rp1.5 juta karena burung yang dicuri sebanyak dua buah. Untuk tersangka Andi, saat ini masih kita lakukan pengejaran,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (5/9) siang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge