0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Subur Raih Doktor UNS ke 84

Subur berhasil meraih gelar doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Subur, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto meraih gelar doctor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ke 84 dengan predikat sangat memuaskan. Subur berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah Pada Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Banyumas”, di depan dewan penguji yang di antaranya Prof Dr Abdul Gafur Daniamiseno MSc, Prof Dr Ravik Karsidi MS, Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd, dan Prof Dr Ir Ahmad Yunus MS, di Ruang Sidang Senat UNS, Solo, Kamis (5/9).

Di depan dewan penguji, Subur mengatakan bahwa model kisah cukup bagus digunakan dalam pembelajaran nilai moral. Kekurangan yang perlu disempurkan adalah perlunya jenis kisah yang lebih berbobot dan benar-benar sesuai untuk kalangan remaja.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan hal yang positif meskipun tidak bisa dijelaskan secara pasti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Indikator perkembangan yang positif dapat dilihat pada sikap siswa yang selalu menyebut hal-hal yang telah dipelajari di kelas dengan menggunakan kisah. “Itu terjadi karena mereka mendapatkan kesan yang menarik,” ujarnya.

Menurut Subur, guru kelihatan senang dengan menggunakan model kisah karena suasana belajar lebih hidup dan tidak membosankan. Murid juga tampak penuh perhatian dalam mengikuti proses pembelajran,” jelasnya.

Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan angket, dosen STAIN Purwokerto mengaku yakin pembelajaran berbasis kisah memiliki sumbangan yang signifikan terhadap peningkatan kualitas proses maupun hasil pembelajaran nilai moral. Keyakinan tersebut didasarkan pula pendapat para pakar maupun pendidikan Islam tentang kekuatan kisah sebagai strategi atau metode dalam pembelajaran.

“Model kisah pembelajaran menjadi lebih hidup, suasana tidak membosankan, materi mudah dipahami, motivasi belajar meningkat, inspirasi akan berkembang dan dorongan untuk mengamalkan apa yang dipesankan dalam kisah menjadi sangat kuat,” pungkas Subur yang mendapat nilai dari dewan penguji 3,70.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge