0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ikaboga Kenalkan Makanan Sehat Melalui Lakon Wayang

Ikaboga Solo. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) Kota Solo bakal menggelar pentas watang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo, Jumat (6/9) malam. Selain menggelar acara tersebut, komunitas yang bergerak di bidang makanan serta penyuluhan pangan sehat tersebut juga akan mensosialisasikan sejumlah makanan konsumsi sehat bagi masyarakat Kota Solo.

Koordinator kegiatan, Tetra Kusuma mengatakan diadakannya acara tersebut selain untuk melestarikan budaya, juga sebagai wujud kepedulian Ikaboga terhadap kesehatan masyarakt Kota Solo. Dipilihnya pagelaran wayang sebagai kampanye pangan sehat tersebut juga sebagai usaha yang dinilai sangat efektif karena melalui budaya dapat menyadarkan masyarakat tentang arti pentingnya makanan bagi tubuh.

“Lakon yang akan kami bawakan nanti adalah “Sembodro Srikandi Kembar”. Dimana karena mayoritas anggota kami adalah seorang wanita, kami ingin meniru sosok Srikandi meskipun lembut namun mampu memiliki semangat luar biasa untuk menjadi seorang pemimpin yang bersatria,” ujarnya, Rabu (4/9).

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Gedung Kesenian Wayang Orang Sriwedari (GWO) bersama dengan Ikaboga, dan kegiatan tersebut merupakan murni wujud kepedulian kepada masyarakat.

“Pagelaran ini diadakan gratis. Harapannya agar masyarakat yang menyaksikan acara ini bisa leluasa masuk dan kami juga bisa mengkampanyekan kegiatan kami kepada masyarakat,” urainya.

Terkait anggota Ikaboga yang akan terlibat dalam acara tersebut, diungkapkan Tetra, ada sekitar 14 orang anggota Ikaboga yang terlibat. Sementara sisanya diisi oleh anggota dari Wayang Orang Sriwedari.

“Kami melakukan latihan hampir selama satu bulan full. Meski kami akui belum selihai pemain Wayang Orang Sriwedari, namun kami mencoba untuk tetap konsisten melakukan sosialisasi makanan sehat melalui seni dan budaya,” pungkas Tetra.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge