0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepanasan dan Kelelahan, Peserta Kirab Banyak yang Semaput

Kirab budaya di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sejumlah peserta kirab budaya, diantaranya pelajar, banyak yang tumbang dan pingsan saat menunggu giliran untuk diberangkatkan. Kondisi ini diduga akibat cuaca yang panas dan kelelahan menunggu antrian, mengingat banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam Kirab Budaya, Rabu (4/9). Setidaknya tercatat 109 tim atau 14445 peserta.

Peserta kirab yang pingsan dan sakit langsung dibawa ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Boyolali Kota yang persis berada di depan sebelah kiri Kantor Kabupaten Boyolali lama. Peserta yang pingsan kebanyakan pelajar . Selain jatuh pingan, para pelajar yang mengikuti kirab tersebut harus mendapat perawatan medis karena  mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akibat cuaca panas.

“Ada  7 siswa  SMP Negeri 2 Ngemplak yang dirawat di Pustu, 3 siswa diantaranya  mengalami jatuh pingasn. Sedangkan yang lainya karena masuk angin dan dehidrasi. Tadi saya lihat  banyak yang  jatuh pingsan  ada  orang dewasanya juga,” ungkap Budi Cipto, Staf Tata Usaha (TU) SMPN 2 Ngemplak, Boyolali.

Salah satu siswa peserta kirab yang pingsan, Evita Kusumo, siswa  kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak ini harus rela batal ikut kirab budaya. Dengan dandanan tarian tradional, akhirnya Evita harus rela mendapatkan perawatan medis di Pustu Boyolali Kota.

“Sedih batal ikut kirab budaya ini, padahal saya dan 21 teman saya akan menari Tari Sorong di Kantor Kabupaten Boyolali yang baru. Pagi  tadi saya sudah makan, mungkin karena kehausan dan kecapekan  karena menunggu jalanya  antrean kirab, fisik saya tidak kuat dan akhirnya jatuh pingsan,” katanya.

Dokter Jaga Pustu Boyolali Kota, dr Wiranty mengatakan, kebanyakan peserta kirab yang harus mendapatkan perawatan  media karena keletihan dan mengalami dehidrasi.  Setelah mendapatkan perawatan semuanya kemudian sehat kembali.

“Mereka kebanyakan keletihan dan dehidrasi saja. Cuaca panas seperti ini semestinya pasokan cairan harus mencukupi,” jelasnya singkat.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge