0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahmudi Resmi Dilengserkan dari DPRD Sragen

Ketua DPRD Sragen Sugiyamto. (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Setelah melalui proses yang cukup lama, DPRD Kabupaten Sragen akhirnya resmi melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Mahmudi Tohpati, Anggota DPRD Sragen periode 2009 – 2014 dari Partai Amanat Nasional (PAN), Selasa (3/9).

Sebagai penggantinya, DPRD melantik Basuki yang juga berasal dari PAN dari daerah pemilihan (dapil) yang sama.

Ketua DPRD Sragen Sugiyamto mengatakan, Sebelumnya DPRD Sragen sudah mengajukan surat usulan pemberhentian antar waktu dengan nomor 170/191/XI/2012, selain telah dikirim kepada bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, surat tersebut juga telah disetujui oleh Gubernur Jawa Tengah.

Dalam surat tersebut, juga disebutkan bahwa surat tersebut menindaklanjuti Surat yang sebelumnya dikirim oleh DPD PAN Sragen nomor PAN/11-14/B/K-WS/72/X/2012 perihal menerima keputusan Badan Kehormatan DPRD Sragen.

“Hari ini proses pelantikan sudah resmi dilakukan, sejumlah lampiran berkas persetujuan dari Gubernur juga sudah kita terima dan diserahkan ke partai yang bersangkutan untuk diajukan pengganti,” kata Sugiyamto.

Sugiyamto menyatakan, usulan pemberhentian terhadap Mahmudi Tohpati dilakukan menyusul keputusan BK DPRD yang sebelumnya telah melakukan konsultasi ke Biro Hukum Propinsi Jawa Tengah dan Kemendagri. Hasilnya dua lembaga tersebut sama-sama merekomendasikan agar Mahmudi Tohpati diberhentikan dari anggota DPRD karena yang bersangkutan pernah terlibat kasus pidana dengan ancaman hukuman lima tahun dan telah berkekuatan hukum tetap.

“Karena BK Sudah mengusulkan, maka Pimpinan DPRD menindaklanjuti sesuai dengan mekanisme dan ketentuan hukum yang berlaku,” jelas Sugiyamto.

Ditemui terpisah, Basuki mengaku akan bekerja maksimal di sisa akhir masa tugas sebagai anggota DPRD Sragen periode 2009-2014 ini. Tidak mau muluk-muluk, ia mengaku akan bekerja sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan oleh para rekan sejawatnya di DPRD.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge