0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Akuisisi Nokia, Kabar Buruk Untuk BlackBerry?

BlackBerry World. (Dok: Timlo.net/ CrackBerry.com)

Timlo.net — BlackBerry dulunya memiliki sebuah perusahaan kompetitor yang memiliki nasib yang sama, yaitu Nokia. Kedua perusahaan ini dulunya sama-sama berjuang untuk menghadapi perubahan di pasar ponsel, keduanya sama-sama mengalami keterpurukan dalam penjualan ponsel mereka dan ditinggalkan oleh para pengguna mereka.

Tapi, sekarang tersiar kabar bahwa Microsoft membeli Nokia seharga $ 7,2 milyar (Rp72 trilyun). Kondisi ini menurut para analis, Senin (2/9) membuat BlackBerry sendirian dalam usaha mereka mencari penyelamatnya dan sendirian dalam menghadapi masalah mereka. Seperti yang sebelumnya diberitakan, BlackBerry mempertimbangkan untuk menjual perusahaan mereka.

“BlackBerry selalu terlihat seperti sebuah perusahaan yang tidak penting,” kata Nick Spencer, senior practice director di ABI Research di London, Inggris. “Sekarang mereka bahkan terlihat lebih tidak penting. Mereka melawan tiga perusahaan raksasa di dunia,” tambahnya.

Nokia dan BlackBerry dulu pernah menjadi penguasa di dunia ponsel, tapi keduanya lambat laun ditinggal oleh para pengguna mereka dan mengalami penurunan yang drastis. Keduanya juga sama-sama berusaha untuk mendongkrak kembali penjualan mereka. Nokia melakukannya dengan merilis ponsel Lumia yang menggunakan Windows Phone, sementara BlackBerry merilis ponsel dengan OS (operating system) terbaru mereka, BlackBerry 10.

Dilansir oleh New York Times, beberapa rumor yang beredar Microsoft pernah berniat membeli BlackBerry, tapi mereka mengurungkan niatnya. BlackBerry mungkin pada akhirnya akan dijual dalam kepada berbagai pembeli dan perusahaan tersebut mungkin akan dipecah. Sebelumnya perusahaan asal Kanada ini juga mempertimbangkan untuk membuat sebuah perusahaan khusus untuk BlackBerry Messenger (BBM) sebagai upaya mempertahankan keberlangsungan bisnis mereka.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge