0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air Bersih Waduk Gajah Mungkur Dialirkan ke Wosusokas

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Potensi air melimpah di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri bakal segera digarap pemerintah pusat. Rencananya, air akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di 5 kabupaten/kota eks-Karesidenan Surakarta.

Kelima daerah tersebut tergabung dalam jalinan kerjasama bertajuk Wosusokas. Singkatan dari Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar dan Sragen. Kelimanya akan mendapatkan pasokan air bersih dari sumber WGM.

“Tentunya disterilkan dulu. Tahap awalnya akan diambil 1.100 liter per detik. Ini proyek dari pusat, kalau pelaksanaannya kemungkinan besar di tahun 2015 sampai 2017, ” ungkap Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, Sumarjo, Rabu (4/9) di ruangannya.

Nantinya, lanjut Sumarjo, saat telah teralirkan, pengelolaan akan berpusat di PDAB (Perusahaan Daerah Air Bersih) Jateng. Sehingga, PDAM di 5 daerah itu bertindak tetap mengelola jaringan diluar itu.

“Saat ini proyek baru tahap pra FS (feasibility study). Untuk distribusi per kabupaten masih menunggu hasil pertemuan intensif yang diadakan di provinsi,” jelasnya.

Secara teknis digambarkan Sumarjo, air di WGM disedot melalui beberapa pompa hingga mencapai ketinggian tertentu. Selepas itu, air dilepaskan ke masing-masing daerah menggunakan hukum grafitasi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge