0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Microsoft Beli Nokia Seharga 7 Miliar Dollar

Nokia Asha 501 (Dok: Timlo.net/ GSMArena)

Timlo.net — Microsoft mengumumkan pada Senin malam (2/9) waktu setempat bahwa perusahaan tersebut akan membeli bisnis ponsel Nokia-sebuah kesepakatan sangat penting yang nantinya akan menempatkan Microsoft di posisi yang seimbang dengan Apple dan Google dalam kompetisi di bidang bisnis ponsel.

Akuisisi senilai $7,2 milyar (Rp72 trilyun) membuat Microsoft memiliki kontrol terhadap pabrikan ponsel terbesar kedua di dunia, menurut IDC. Perusahaan asal Filandia, Nokia berada di tempat ketiga dalam penjualan ponsel, demikian tulis CNN.com.

Tapi Nokia juga memiliki banyak masalah dan kehilangan relevansi dengan cepat.

Hal ini terutama terjadi di pasar ponsel. Nokia dulu mendominasi sektor tersebut, tapi tidak lagi berada di posisi puncak karena dikalahkan oleh ponsel Android dan iPhone.

Penjualan ponsel Lumia buatan Nokia memang bertumbuh dengan cepat, tapi bila dibandingkan dengan penjualan produk lain seperti iPhone, Samsung Galaxy S4 dan bahkan ponsel baru buatan Google Moto X, produk Nokia tetap kalah.

Apple dan Google mengkontrol 86 % pasar ponsel, sementara sistem operasi buatan Microsoft, Windows Phone hanya memiliki 3,7 persen pangsa pasar.

Microsoft mengatakan bahwa mereka tidak bisa menyerahkan kontrol penuh pasar  ponsel kepada Google dan Apple, membiarkan para pesaing mereka memiliki semua inovasi aplikasi, integrasi dan distribusi di pasar ponsel.

“Kami sangat antusias untuk membawa usaha-usaha terbaik Microsoft dan Nokia di bidang ponsel,” kata Steve Ballmer, CEO Microsoft yang akan segera pensiun dalam sebuah konferensi pers di Finlandia. Ballmer mengatakan bahwa kesepakatan ini adalah “win-win solution” untuk kedua perusahaan tersebut.

Handphone Android Murah, Garansi, Klik ini
 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge