0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Jembatan Gajah Putih Dianggarkan Rp 40 Juta

Jembatan Gajah Putih yang terletak di Sumber, Banjarsari. (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Jembatan Gajah Putih yang terletak di Sumber, Banjarsari mendapat alokasi anggaran senilai Rp 40 juta dari APBD Perubahan 2013. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk penyusunan Detail Enginering Design (DED) jembatan agar di 2014 dapat dilakukan pembangunan.

Ketua Komisi II DPRD Solo, Djaswadi menjelaskan, sebelum dilakukan pembangunan di 2014 terlebih dulu dilakukan penyusunan DED jembatan yang menghubungkan kampung Sumber dengan Jl Ahmad Yani tersebut.

“Pembangunannya dianggarkan 2014. Nantinya jembatan itu dibongkar dan dilebarkan agar bisa dilewati dua jalur,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/9) di gedung dewan.

Lebih jauh, pihaknya meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) merencanakan pembangunan jembatan dengan tepat. Hal ini agar tidak salah dalam perencanaan seperti halnya pembangunan Talud Gajah Putih. Terlebih sumber daya manusia (SDM) di DPU merupakan orang-orang yang menguasai tehnik.

Sementara, Wakil Ketua DPRD, Supriyanto menjelaskan usulan pembangunan jembatan sudah disampaikan berulang kali oleh warga melalui forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Hanya saja usulan tersebut selalu kandas dan baru dapat terealisasi di 2014.

Terkait kondisi jembatan, jelas Supriyanto, ketinggian jembatan terlalu rendah dengan kali Gajah Putih. Selain itu, jembatan tersebut hanya dapat dilalui mobil dari satu arah padahal jembatan tersebut merupakan akses utama warga ke Jl Ahmad Yani.

Di sisi lain, pintu air yang menyatu dengan jembatan juga tidak berfungsi dengan baik. Hal ini lantaran adanya penumpukan sampah di saluran pintu air. Hal ini berakibat saat hujan, warga di sisi barat jembatan terancam genangan air yang meninggi.

Disinggung kebutuhan anggaran untuk pembangunan jembatan itu, Supriyanto memperkirakan pembangunan jembatan tersebut membutuhkan anggaran Rp 400- 500 juta.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge