0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Cengklik akan Dikeruk, Warga Diajak Rembukan

Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali akan dikeruk (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Rencana pengerukan Waduk Cengklik di wilayah Kecamatan Ngemplak terus dimatangkan. Saat ini, Pemkab Boyolali melakukan pembicaraan dengan warga sekitar. Pembicaraan dengan warga dimaksudkan untuk mencari titik temu terkait rencana pengerukan. Pasalnya, warga jugalah yang selama ini memanfaatkan waduk. Selain untuk karamba ikan, waduk juga digunakan untuk pengairan sawah.

“Masih, kami masih lakukan pembicaraan dengan warga, lebih cepat pasti lebih baik,” ujar Asisten II Setda Boyolali Juwaris, Selasa (3/9).

Namun demikian, pemkab juga tak bisa melakukan sendirian pengerukan itu. Langkah koordinasi dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng juga tak bisa diabaikan. Apalagi, pengelolaan waduk dibawah kewenangan PSDA Jateng.

“Koordinasi untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang perlu digarap lebih dahulu.”

Misalnya, penambalan kebocoran tanggul maupun penetapan lokasi pegerukan. Tahap pertama pengerukan bakal dilakukan penambalan kebocoran serta perbaikan pintu pembuangan air. Dengan demikian, air dalam waduk tidak terbuang percuma lewat tanggul bocor maupun pintu yang tidak menutup rapat. Hal itu dimaksudkan agar pengerukan berjalan optimal. Tak boleh diabaikan adalah memahami struktur tanah di kawasan waduk. Pihaknya juga masih mengkhawatirkan kondisi cuaca saat ini. Kondisi sekarang dikhawatirkan masih banyak hujan.

”Jika dipaksakan nanti malah tidak maksimal karena terhalang turunnya hujan,” jelasnya.

Langkah selanjutnya, pihaknya juga mendorong Pemprov Jateng untuk segera mencairkan dana pengerukan. Pengerukan telah dianggarkan dana dari pusat. Tahap awal sebesar Rp 5 miliar dan tahap kedua dianggarkan dana tambahan sebesar Rp 15 miliar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge