0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Krisis Air Bersih, Pekan Depan Sumber Seropan Siap Dialirkan

Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, Sumarjo (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Menyikapi adanya kekeringan dan krisis air bersih, Pemkab Wonogiri menyiapkan piranti untuk segera mengalirkan sumber air Seropan. Sumber yang berbatasan dengan wilayah Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta itu bisa mengairi 8 desa di Kecamatan Paranggupito.

Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri Sumarjo mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke sumber Seropan. Direncanakan pekan depan akan menyosialisasikan ke masyarakat terkait dengan pengaliran sumber Seropan.

“Sosialisasi nantinya untuk mengetahui kondisi riilnya seperti apa. Apa yang dimaui masyarakat. Jikapun nanti ingin dialirkan saat itu, kami prinsipnya siap,” ungkap Sumarjo, di ruangannya, Selasa (3/9).

Usai dialirkan dan dikelola PDAM, air dari Seropan akan dikenai biaya. Hanya saja mengenakan biaya khusus, dan dijamin berada di bawah harga air di mobil tangki.

Sementara pengaliran air bakal dihulukan ke hidran umum sekitaran desa sasaran. Dari hidran, masyarakat mengambilnya dan dibawa pulang ke rumah. Namun jika ada permintaan untuk mengalirkan hingga rumah warga dengan mekanisme langganan, pihaknyapun siap melayaninya.

Salah satu warga Pracimantoro, Triyono (48) mengatakan, saat kemarau dan terjadi krisis air bersih, memang menggantungkan air dari Seropan. Namun, di musim penghujan, memilih mengkonsumsi air hujan. Air hujan ditampung dalam wadah permanen dan ditempatkan di sekitar pekarangan rumah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge