0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPA Putri Cempo Dapat Tambahan Buldoser

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno melakukan inspeksi mendadak ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo —  Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Putri Cempo mendapat tambahan satu unit alat berat berupa buldoser dari APBD Perubahan 2013. Penambahan buldoser tersebut diharapkan mampu membantu penataan sampah di TPA.

Wakil Ketua DPRD Solo Supriyanto mengatakan, pengadaan buldoser tersebut dianggarkan senilai Rp 2,5 miliar di APBD Perubahan 2013. Dengan buldoser yang dimiliki nanti, sampah yang menumpuk di sisi barat dapat digeser maju sehingga TPA mampu memuat lebih banyak volume sampah. “Di sana belum ada buldoser. Selama ini kan penumpukan sampah di sisi barat. Jadi perlu alat untuk memindah sampah ke tengah,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/9) di gedung dewan.

Dengan pemerataan sampah dengan menggunakan buldoser, Politisi Partai Demokrat ini meyakini TPA Putri Cempo masih mampu menampung sampah hingga 10 tahun ke depan. Selain buldoser, TPA Putri Cempo juga membutuhkan beghoe untuk kebutuhan pengerukan sampah. Hanya saja, pengadaan beghoe dinilai masih memungkinkan untuk ditunda.

Anggota Komisi II, Herlan Purwanto membenarkan adanya anggaran pengadaan buldoser di APBD Perubahan. Buldoser itu berfungsi sebagai alat untuk mendorong sampah yang hanya ditumpahkan pengangkut sampah di pintu masuk. “Peralatan di TPA memang kurang. Beghoe saja selama ini sebagian menggunakan sistem sewa,” jelasnya.

Idealnya, pengelolaan sampah di TPA Putri Cempo membutuhkan dua beghoe dan dua buldoser. Pihaknya akan mengusulkan penambahan alat berat kembali di APBD 2014.

“Tetapi tetap melihat kemampuan anggaran. Selama ini pengadaan alat berat ditunda-tunda karena rencana investasi di TPA Putri Cempo. Tiap diajukan kan selalu ditolak dengan alasan sebentar lagi mau ada investor. Namun, sampai sekarang buktinya mana? Kan gak ada,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge