0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPA Putri Cempoko Terbakar, Ganggu Pernapasan Warga Sekitar

Sejumlah petugas mematikan api yang membakar sampah di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo —  Kebakaran terjadi di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo. Kebakaran yang terjadi di sejumlah titik tersebut diduga dilakukan oleh sejumlah oknum pemungut sampah liar di kawasan itu.

Lurah Mojosongo Agus Triyono mengungkapkan, kebakaran sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Pihaknya mencurigai sejumlah oknum pemungut sampah logam yang sengaja membakar tumpukan sampah untuk mempermudah dalam memisahkan benda logam dengan sampah kering.

“Menurut laporan dari warga, mereka (oknum pemungut sampah) sering nglimpekke (sembunyi-sembunyi) dengan warga. Biasanya mereka membakar sampah pada malam hari,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (3/9).

Untuk memisahkan sampah logam, biasanya sejumlah oknum pemulung membakarnya terlebih dahulu. Setelah logam terpisah dari abu sampah, mereka menggunakan magnet untuk mengambil sampah logam.

Akibat kebakaran itu, asap tebal terbawa angin hingga menyelimuti pemukiman warga sekitar. Banyak warga mengeluh karena menghirup asap dari kebakaran sampah.

Agus menghimbau kepada warga sekitar, jika melihat oknum pemungut sampah sengaja membakar sampah untuk mengingatkannya. “Saya sudah titip pesan pada warga sekitar, kalau melihat oknum pemulung yang sengaja membakar sampah, tolong diingatkan agar jangan asal main bakar,” tegasnya.

Dari pantauan wartawan di lokasi, sejumlah petugas Dinas kebersihan dan Pertamanan (DKP) tengah memadamkan sisa-sisa kebakaran. Mereka menggunakan truk-truk tanki untuk menyiram titik-titik kebakaran.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge