0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Solo Belum Terima Aduan Buku Paket Kurikulum 2013

Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta, Waliyono (dok.timlo.net/niza novita)

Solo —  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan,  bahwa sampai saat ini masih belum menerima laporan dari masyarakat tentang materi buku paket Kurikulum 2013.

“Belum ada laporan materi mana-mana yang tidak layak,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMP Dinas Dikpora Kota Solo, Waliyono kepada wartawan saat dikonfirmasi terkait materi buku Kurikulum 2013, di Solo, Selasa (3/9).

Jika ada temuan materi yang tidak layak, kata Waliyono, pihaknya siap mengambil tindakan. Termasuk apabila ada perintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menarik buku tersebut tentu akan diikuti.

Soal materi buku paket Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 yang heboh di Garut, Jawa Barat, Waliyono mengatakan bahwa hal itu sebenarnya kembali kepada interprestasi individu masing-masing.

“Selama konteks materi tidak mengarah pada hal negatif, saya kira masih wajar untuk pembelajaran siswa. Selain itu penggunaan bahasa harus tetap sesuai dengan pedoman ejaan yang disempurnakan,” jelasnya.

Waliyono mengakui tahun sebelumnya memang pernah dilakukan pencabutan untuk buku pelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP karena memuat konten yang tidak tepat bagi siswa. Akhirnya dilakukan revisi. Materi buku yang telah direvisi kemudian dicetak ulang dan disalurkan kembali ke sekolah-sekolah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge