0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPT Pilbup Karanganyar Menyusut 6.511 Jiwa

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Jumlah pemilih di Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar mencapai 684.593 orang. Terdapat penyusutan sebanyak 6.511 jiwa dari jumlah pemilih tetap di Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang digelar pada 26 Mei lalu lalu.

Jumlah pemilih tersebut telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejak 14 Agustus lalu. Jumlah DPT dalam Pilbup ini mengalami penurunan dibandingkan jumlah DPT Pilgub di Karanganyar yang mencapai 691.104 orang.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko menjelaskan jumlah DPT yang ditetapkan didasarkan pada jumlah DPT Pilgub yang telah dimutakhirkan. “Prosesnya DPT Pilgub kami mutakhirkan untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Setelah itu diumumkan lalu dimutkahirkan kembali untuk menjadi DPT,” kata Handoko.

Proses penetapan ini, lanjut Handoko, sebelumnya juga telah melalui penetapan di tingkat desa dan kecamatan melalui PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Penetapan di tingkat desa pada tanggal 3 Agustus. Kalau di kecamatan sekitar tangga; 4, 5 atau 6 Agustus kalau tidak salah,” jelasnya.

Terkait adanya penyusutan jumlah DPT Pilbup dari DPT Pilgub, hal ini menunjukan jika dalam pemutahiran data pemilih yang dilakukan terdapat pemilih yang sebelumnya masuk DPT Pilgub ternyata sudah meninggal, atau pindah domisili.

“Dalam proses pemutakhiran data jika ada pemilih yang ternyata sudah meninggal atau pindah domisili langsung dicoret,” jelas Handoko.

Saat disinggung kemungkinan adanya warga pemilik hak memilih yang tercecer dari DPT, Handoko menegaskan KPU akan mengakomodir dengan mengacu pada peraturan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85 Tahun 2012. Dalam peraturan tersebut, bagi warga yang tidak masuk DPT tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa memilih,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge