0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Lengkapi Alat Cuci Darah di Puskesmas

Ilustrasi, Kartu PKMS (dok.timlo.net/ist)

Solo – Pemkot berencana melengkapi sejumlah Puskesmas di Kota Solo dengan peralatan cuci darah. Pasien yang menggunakan layanan Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) diharapkan bisa terjangkau dalam layanan cuci darah tersebut.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan, pihaknya kini tengah menyiapkan perangkat aturan dan anggaran untuk merealisasikan pengadaan alat cuci darah di Puskesmas.

“Kami masih konsultasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Aturannya bagaimana, apakah Puskesmas bisa dilengapi dengan alat cuci darah. Selain itu mekanisme pengadaannya seperti apa, termasuk nanti bagaimana pendanaannya,” katanya kepada wartawan, Senin (2/9).

Ia menceritakan, selama ini warga yang menderita gagal ginjal hanya bisa mendapatkan layanan cuci darah dengan jumlah rumah sakit yang terbatas. Dengan pengadaan alat cuci darah di Puskesmas, peserta PKMS mendapatkan alternatif pilihan untuk melakukan cuci darah.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengungkapkan, pihaknya kini tengah menghimpun data peserta PKMS yang membutuhkan layanan cuci darah. Penghitungan yang dilakukan, berpengaruh pada besaran anggaran yang akan ditentukan untuk mengkaver layanan tersebut.

Terkait realisasinya, kemungkinan baru bisa dilakukan pada tahun 2014 mendatang. Selama ini, jumlah klaim dari RS kepada Pemkot bagi peserta PKMS yang menggunakan layanan cuci darah di tahun ini mencapai Rp. 10 Miliar dari total anggaran PKMS sebanyak Rp 21 miliar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge