0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Umumnya Laporan Keuangan Pemda Tidak Seusai Kinerja

taf Ahli Keuangan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Muhtar Mahmud SPd MSi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Laporan keuangan pemerintah daerah umumnya tidak sesuai dengan kinerja yang dijalankan. Sekalipun laporan itu sudah dinyatakan Wajar Tanpa pengecualian (WTP).

“Berdasarkan penelitian, baru sekitar 10 persen saja yang sudah sesuai,” ungkap Staf Ahli Keuangan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Muhtar Mahmud SPd MSi saat bertemu Timlo.net, di Solo, Senin (2/9).

Selama ini yang diaudit pada laporan keuangan pemerintah daerah, menurut Muhtar, hanya sebatas kesesuaian standar akuntansinya saja, termasuk kecukupan pengungkapan dan kesesuaian peraturan perundang-undangan.

“Laporan itu tidak dilihat bagaimana dari sisi perencanaan,” ujarnya.

Muhtar mengatakan, audit kinerja pada dasarnya mengarah kepada waktu merencanakan program, program yang dijalankan untuk apa. Namun demikian karena belum diaudit kinerja, bisa hanyalah sebatas laporan keuangan meskipun bisa ternasuk WTP.

“Belakangan ini agaknya KPK mulai mencermati laporan keuangan yang tidak sesuai dengan audit kinerja. Karena laporan yang tidak sesuai dengan kinerja bisa mengarah pada tindakan korupsi,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge