0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Terima 14 Mahasiswa Beasiswa Afirmasi asal Papua

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada tahun akademik 2013/2014 ini menerima sebanyak 14 mahasiswa dari Papua. Keempat belas mahasiswa tersebut mendapat Beasiswa Afirmasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk percepatan.

“Namun sebelum mengikuti perkuliahan, mereka diikutikan terlebih dahulu dalam matrikulasi dan turorial sesuai disiplin ilmu program studi yang dipilih,” jelas Pembantu Rektor I UNS Prof Drs. Sutarno, MSc, PhD kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Senin (2/9).

Matrikulasi dan tutorial yang dimaksud, kata Sutarno, agar mahasiswa bersangkutan bisa mengikuti materi perkuliahan secara lancar. Sebab berdasarkan pengalaman mahasiswa asal Papua banyak yang kesulitan mengikuti perkuliahan. Karena itu kami UNS berinisiatif memberikan bimbingan.

Lebih lanjut Sutarno mengatakan bahwa mahasiswa asal Papua peserta program Beasiswa Afirmasi nantinya bakal mendapatkan biaya
transportasi masing-masing kabupaten mereka berasal, biaya pemondokan mahasiswa selama perkuliahan, biaya perkuliahan di perguruan tinggi negeri dan beasiswa sebesar Rp1.000.000/ mahasiswa/ bulan.
Menurut Sutarno lagi, beasiswa tersebut berkaitan dengan percepatan bagi peningkatan SDM di Papua dan Papua Barat agar kesenjangan
pendidikan dapat diminimalkan.
“Tujuannya untuk membantu akses pendidikan bagi putra-putri daerah asli Papua. Dengan harapan melalui beasiswa ini dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Papua,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge