0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerombolan Kera Liar Mulai Turun Gunung Sambangi Pemukiman Warga

Kera dari gunung yang mulai turun di pemukiman warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Sukoharjo — Kawanan kera liar kembali menyerbu pemukiman warga Kecamatan Bulu Sukoharjo dalam sebulan terakhir. Kawanan kera tersebut turun dari pegunungan di daerah selatan wilayah Sukoharjo untuk mencari makanan.

Disinyalir turunnya kawanan kera tersebut dikarenakan makanan dan air di wilayah hutan gunung tersebut telah habis akibat musim kemarau.

Berdasarkan pantauan di Dukuh Soko Desa Kedungsono Kecamatan Bulu, Senin (2/9), gerombolan kera liar tersebut mencari makanan di ladang milik warga yang ditanami jagung dan kacang tanah serta palawija.

Bahkan, sejumlah kera nampak merambah hingga ke rumah warga untuk mencari air dan makanan.

Saiful salah satu warga Kedungsono mengatakan, kera liar tersebut mulai turun gunung seiring musim kemarau. Pihaknya bersama warga yang lain hanya bisa menghadang secara manual kera-kera tersebut agar tidak merusak dan menghabiskan tanaman ladang.

“Kera ini sudah sebulan turun dari gunung. Mungkin karena di atas sudah tidak ada makanan dan air. Sehingga mereka nyari makan di pemukiman dan sumur warga,” ujarnya.

Meski tidak mengganggu aktivitas warga, namun kehadiran kera-kera tersebut menimbulkan keresahan warga terutama yang memiliki anak kecil. Mereka khawatir jika kera liar itu bisa melukai dan menyerang anak kecil.

“Kadang-kadang was-was juga kalau tiba-tiba para kera menyerang anak kecil. Meski takut dengan manusia, tapi kami tetap mengusirnya setiap mulai mendekati pemukiman,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge