0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inflasi di Bawah Perkiraan Pemerintah, Menteri Keuangan Sumringah

menteri keuangan chatib (Dok.Merdeka.com.)

Timlo.net — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan Agustus mencapai 1,12 persen. Sementara inflasi tahunan atau year on year mencapai 8,79 persen.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan inflasi bulan Agustus tersebut ternyata masih di bawah perkiraan pemerintah yang di angka 1,27 persen.

Akan tetapi, Kemenkeu memperkirakan inflasi hingga akhir tahun mencapai tetap 9,2 persen. Perkiraan tersebut di atas target APBN Perubahan (APBNP) 2013 sebesar 7,2 persen.

“Alhamdulillah. Kita perkirakan 1,27 persen. Berarti inflasi lebih rendah dari perkiraan kita,” ujar dia sembari tersenyum di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (2/9).

Chatib menegaskan apabila inflasi Agustus mencapai 1,3 persen maka hal tersebut baru harus dikhawatirkan. Bulan ini, lanjutnya, diyakini besaran inflasi tidak akan melebihi inflasi bulan Agustus.

“Kan Juli 3,3 persen, sekarang 1,1 persen, September bisa di bawah satu persen balik ke normal sehingga inflasinya inline,” tegas dia.

Pria yang juga menjabat kepala BKPM tersebut menambahkan saat ini yang perlu dijaga adalah inflasi dari impor karena pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Melemahnya Rupiah membuat peredaran barang impor semakin langka karena mahalnya biaya sehingga berpotensi pada permintaan komoditas impor tidak terpenuhi.

Namun, hal tersebut cukup terbantu dengan adanya penghapusan kuota impor daging dan holtikultura sehingga arus barang lebih cepat. Dengan kondisi saat ini, lanjut Chatib, Kemenkeu belum akan merubah proyeksi inflasi yang mencapai 9,2 persen. “Lebih baik ditaruh 9,2 persen dulu deh. Jangan cepet-cepet girang,” pungkas dia.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge