0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koperasi Syariah Mulai Berkembang di Solo

Solo —  Koperasi berbasis syariah mulai berkembang di Kota Bengawan. Hanya saja, keberadaan koperasi syariah belum memiliki payung hukum spesifik lantaran belum adanya aturan yang mengatur koperasi syariah secara detail. Saat ini, Dinas Koperasi dan UMKM Solo masih menunggu terbitnya aturan yang mengatur operasional koperasi syariah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Nur Haryani mengatakan dalam Undang-undang No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian belum mengatur adanya koperasi berbasis syariah. “Di Undang-undang No 17 Tahun 2012 itu hanya mengatur empat jenis koperasi, yakni koperasi simpan pinjam, produksi, pemasaran dan jasa. Tidak menyebutkan soal koperasi syariah,” katanya, Senin (2/9).

Disampaikan, saat ini pihaknya masih menunggu turunnya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana (Juklak Juknis) dari UU 17/2012. Diharapkan ada poin khusus yang mengatur tentang koperasi syariah dalam PP tersebut.

Lebih lanjut, Nur mengatakan sampai saat ini sudah ada 11 koperasi syariah yang berkembang di Solo. Sambil menunggu terbitnya PP yang mengatur koperasi syariah secara khusus, klasifikasi 11 koperasi syariah tersebut mengacu pada koperasi simpan pinjam.

Hanya anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya (AD/ART) menerapkan pola syariah. “Koperasi syariah saat ini kategorinya masih koperasi simpan pinjam. Hanya saja AD/ART-nya menyebutkan koperasi syariah. Sementara pengaturan manajemen koperasi berbasis syariah, di tangan pengurus koperasi,” jelasnya.

Dari pemantauan Dinkop UMKM, operasional 11 koperasi syariah yang sudah ada cukup baik. Koperasi tersebut ditangani sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidangnya, sehingga hingga saat ini tidak ada yang tersandung masalah.

Pihaknya berharap pemerintah pusat segera memproses PP terkait UU 17/2012. Sehingga ada kejelasan regulasi, terkait pengaturan koperasi syariah. “Sepanjang PP belum ada, ya regulasi koperasi syariah masih masuk kategori koperasi simpan pinjam,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge