0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rutan Boyolali Overload, DPRD Setujui Dipindah

Rutan Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Kalangan DPRD Boyolali menyetujui bila rumah tahanan (Rutan) Boyolali dipindah ke lokasi yang lebih luas. Pasalnya, Rutan yang sekarang sudah overload atau kelebihan penghuni. Sementara untuk pengembangan Rutan sudah tidak memungkinkan, karena berada di tengah pemukiman penduduk. Rutan dengan kapasitas 87 narapidana dan tahanan saat ini dihuni 100 lebih.

Ketua DPRD Boyolali Slamet Paryanto mengatakan, pihaknya sangat setuju bila Rutan dipindah ke lokasi yang lebih luas. Diakui Paryanto, pihaknya pernah membicarakan soal kepindahan Rutan secara lisan, baik dengan bupati dan kepala rutan Boyolali. Namun hingga kini, pemkab belum menemukan lokasi yang tepat untuk memindahkan Rutan.

“Kita butuh lokasi yang luas, biar nanti tidak sampai terjadi overload, tapi sampai sekarang belum ketemu,” ungkap Slamet Paryanto ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/9).

Kepala Rutan Boyolali, Satriyo Waluyo membenarkan bila kapasitas rutan sudah overload. Sementara di sisi lain, kasus kriminal di Boyolali mengalami peningkatan. Pihaknya khawatir bila terjadi kerusuhan atau narapida kabur akan menyulitkan melakukan pengejaran, mengingat lokasi rutan yang berada ditengah pemukiman penduduk.

Rutan sendiri berharap bila dipindah, lokasi yang baru berada di wilayah Mojosongo, karena berdekatan dengan Polres, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Boyolali.

“Untuk memudahkan koordinasi dengan penegak hukum,” ungkap Satriyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge