0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Widodo Muktito Pimpin ISKI Solo

Prof Pawito: Sebagian Pers Saat Ini Tidak Netral

Widodo Muktiyo, Ketua ISKI Solo (dok.timlo.net/facebook)

Solo — Guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Pawito menyatakan, sebagian besar pers saat ini sudah tidak netral, terutama terpengaruh kebijakan pemilik modal.

“Pemilik modal sangat berpengaruh terhadap pemberitaan media massa yang dimilikinya,” ujar Pawito di sela-sela Musyawarah Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Surakarta, di Solo, Senin (2/9).

Selama menyangkut berita-berita negatif misalnya yang berhubungan dengan pemilik modal atau mengganggu kelancaran pemasangan iklan, kata Pawito yang juga Dekan FISIP UNS tersebut, tentu akan dienyahkan jauh-jauh.

Lebih lanjut Pawito menilai, setidaknya sampai tingkat tertentu untuk konteks Indonesia, media massa terkesan kurang menyadari kekuatannya sendiri yakni bahwa media dapat membantu pencapaian konsensus-konsensus dalam menyajikan pemberitaan kepada publik.

Menurut Pawito, media massa lebih tertarik untuk membuat laporan-laporan tentang konflik dengan memilih angle eskalasi konflik seraya tidak atau kurang memberikan latar belakang yang meniscayakan investigasi yang mendalam mengenai penyebab konflik, kompleksitas dan ramifikasi persoalan-persoalan yang ada, dan saran untuk solusi.

“Hal itu diantaranya disebabkan kuatnya dorongan capital gain di kalangan pemilik media dan ketatnya kompetisi dalam dunia usaha media,” ujarnya.

Sementara dalam Musyawarah Daerah ISKI Surakarta terpilih menjadi pengurus masing-masing, Ketua Dr Widodo Muktiyo, Wakil Ketua Prahastiwi Utari, Bendahara Praptining Utami, Sekretaris Syifaul Arifin dan Wakil Sekretaris Budi Santoso.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge