0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bolehkah Wanita Hamil Mengkonsumsi Sushi dan Kopi?

Segelas kopi hitam. (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.net — Apakah kafein, sushi dan daging olahan boleh dikonsumsi oleh wanita hamil? Sebuah buku baru berusaha melawan mitos kesehatan dan pola makan yang umum dipercaya ibu hamil.

Saat wanita hamil, mereka memiliki beberapa batasan dalam aktivitas fisik dan pola makan karena mereka mengandung bayi yang masih rapuh. Tapi bagaimana jadinya bila mereka menemukan bahwa mereka bisa makan makanan yang umumnya dilarang bagi ibu hamil seperti sushi—atau minum minuman seperti kopi? Ide seperti ini muncul dalam sebuah buku yang ditulis oleh Emily Oster, “Expecting Better: Why The Conventional Pregnancy Wisdom is Wrong-And What You Really Need To Know.”

Dilansir dari She Knows, Oster bukanlah seorang dokter —dia adalah seorang ahli ekonomi dan seorang ibu yang melakukan penelitian mengenai kehamilan. Oleh karena itu buku Oster ini juga sempat diragukan dan dikritik, sesuatu yang memang sudah dia duga. Beberapa mitos yang dia nyatakan salah dalam buku tersebut sebenarnya merupakan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh otoritas medis.

Tujuannya bukanlah untuk menulis sebuah panduan medis standar untuk wanita hamil. Oster berkata bahwa tujuannya menulis buku tersebut adalah untuk mendokumentasikan sebuah pendekatan yang dianggapnya benar. Metode dalam bukunya adalah keputusan-keputusan berdasarkan data, lalu membuat penilaian berdasarkan pilihan pribadi, toleransi terhadap resiko dan faktor-faktor lain.

Dalam beberapa hal, dia setuju dengan rekomendasi yang diberikan oleh grup terkemuka seperti American Congress of Obstetricians and Gynecologists, tapi mengatakan bahwa organisasi-organisasi tersebut tidak memberikan panduan pada setiap situasi. Sebagai contoh, mereka tidak bisa memberikan rekomendasi apakah wanita perlu melakukan tes-tes pra kehamilan tertentu.

Baginya, beberapa pilihan dalam kehamilan tidak selalu dalam wilayah hitam dan putih termasuk mengenai makanan dan aktivitas. Atau dengan kata lain, para wanita masih bisa berdiskusi dengan dokter mereka bila beberapa makanan dan aktivitas bisa tetap mereka lakukan selama kehamilan.

Misalnya menurut penelitian yang dilakukannya ada beberapa mitos yang dia lawan:

-Tidak boleh makan sushi: Wanita hamil dikatakan tidak boleh makan sushi karena daging mentah beresiko mengandung bakteri salmonella, tapi resiko ini bisa juga dialami oleh wanita yang tidak hamil. “Cobalah makan sushi di restoran yang bereputasi baik, dan jangan makan tuna tinggi merkuri atau ikan todak,” katanya.

-Tidak boleh mengkonsumsi kafein: Banyak wanita hamil yang merasa berat untuk berhenti minum kopi selama kehamilan, tapi Oster berkata bahwa minum kafein dalam jumlah cukup tidak berefek buruk. “Semua bukti mendukung bahwa minum dua cangkir kopi per hari tidak apa-apa,” katanya.

Selain itu dalam bukunya, dia juga membahas mitos tentang makanan pedas dan ikan tuna. Oster menyarankan wanita hamil untuk berdiskusi dengan dokter mereka. “Kehamilan adalah sebuah masa yang rumit dan seringkali menimbulkan perasaan kuatir untuk para wanita. Saya ingin para pembaca memahami bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memahami data dibalik rekomendasi-rekomendasi yang ada soal kehamilan, dan kemampuan untuk mengerti prosesnya,” kata Oster. “Saat mereka memiliki kemampuan itu, mereka berada dalam posisi yang baik untuk memiliki diskusi yang lebih produktif dengan dokter mereka,” tambahnya.

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge