0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Lapisan Dasar Telaga, KLH dan DPESDM Beda Pendapat

Salah satu telaga di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri berpendapat lain dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) setempat. Jika KLH memiliki hipotesis soal penyebab cepatnya peresapan air waduk dan telaga akibat perubahan struktur lapisan dasarnya, DPESDM justru menganggap hal itu jarang sekali terjadi di Wonogiri.

Kepala DPESDM Wonogiri Arso Utoro melalui Kabid Geologi Air Tanah dan Energi Eko Septaningsih didampingi stafnya Siti Nurul Chusnah ketika dijumpai di ruangannya, Senin (2/9) mengaku, sebagian besar telaga dan waduk di Wonogiri berada di wilayah gamping. Kondisi ini dianggap malah membuat lapisan dasarnya jarang mengalami perubahan.

“Meskipun terjadi curah hujan tinggi yang mengakibatkan durasi waduk dan telaga menanggung beban air lebih lama, kami rasa tidak berpengaruh terhadap struktur lapisan dasarnya. Apalagi pada wilayah gamping yang tekstur bebatuannya cukup kuat,” jelasnya.

Menurut dia, saat terkena air, lapisan di dinding telaga wilayah gamping akan mengalami pelarutan. Pelarutan ini akan berkumpul di bagian dasar telaga dan membentuk lapisan yang bernama Terarosa.

“Terarosa justru akan menutup pori-pori di dasar telaga, sehingga malah membuat air tidak cepat meresap. Makanya, saat dilakukan perbaikan atau pengerukan telaga dan waduk, bagian terarosa ini tidak boleh diangkat. Sebab jika diangkat akan membuat pori-pori terbuka dan membuat air meresap,” paparnya.

Sebelumnya, KLH (KLH) Wonogiri membuat hipotesis soal cepatnya air menyusut di sejumlah telaga dan waduk yang ada. Dugaannya, struktur lapisan dasar waduk dan telaga mengalami perubahan.

Berubahnya struktur lapisan dasar waduk dan telaga akan membuat peresapan air akan lebih meningkat ketimbang kondisi normal. Faktor curah hujan tinggi ditengarai menjadi penyebab dari perubahan struktur tersebut.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge