0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lion Air Delay, Penumpang Kesal

Pesawat Lion Air (Ilustrasi) (Dok.Merdeka.com)

Timlo.net — 10 jadwal penerbangan dari maskapai penerbangan Lion Air dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, terhitung sejak pukul 15.00 WIB hingga saat ini tidak juga diberangkatkan. Hal itu membuat sejumlah penumpang merasa kesal.

Salah satu penumpang, Mustofa, mengeluhkan ketidakpastian jadwal keberangkatan pesawat yang akan ditumpanginya. Dia tercatat sebagai penumpang Lion Air dengan nomor penerbangan JT 580 yang dijadwalkan terbang pada pukul 19.00 WIB.

“Ini ada 10 penerbangan belum juga berangkat. Ada yang dari jam 3 sore. Kalau saya dari jam 19 tadi sampai sekarang belum ada satu pun yang diberangkatkan,” ujar Mustofa saat dihubungi di Tangerang, Minggu (1/9).

Mustofa mengatakan, ketidakpastian jadwal ini membuat ribuan penumpang marah. Mereka akhirnya memutuskan menyandera tiga staf Lion Air.

“Ya, penumpang panik, kesal. Akhirnya yang tiga orang disandera. Salah satunya bernama Satria Dwiatmaja, katanya dia Manajer. Dia bilang, alasan tidak terbang karena Lion Air dilarang terbang sama lembaga penerbangan apa gitu, sama otoritas sini juga,” ujar Mustofa.

Dia menambahkan, “Jumlahnya bukan ratusan penumpang lagi, sudah ribuan penumpang. Saya posisi di ruang tunggu. Sudah check-in, saya mau ke Surabaya. Yang lain ada yang mau Ke Makassar, Manado, pokoknya ada 10 penerbangan yang enggak berangkat,” terangnya.

Alhasil, hingga berita ini diturunkan, penyanderaan terhadap tiga staf itu masih berlangsung. “Tiga orang yang disandera tidak bisa ke mana-mana, dijaga penumpang di ruang tunggu,” pungkas Mustofa.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, sejumlah penumpang yang mengalami delay telah diberi fasilitas penginapan. Menurut dia, hal itu sesuai ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

“Penumpang tujuan Solo, diberlakukan Permenhub 77. Mereka ‘dihotelkan’ (diberikan penginapan), dan diberangkatkan besok pagi,” kata Edward di Jakarta, Minggu (1/9).

Edward mengatakan, ada sejumlah penerbangan yang terpaksa dibatalkan meski penumpang sudah berada di pesawat. Ini lantaran bandara yang dituju telah tutup.

Selain itu, Edward mengatakan, sebagian penundaan penerbangan yang lain sudah dapat diatasi. Dia mengklaim beberapa penumpang telah diberangkatkan dan sebagian yang masih dalam proses pemberangkatan.

Namun demikian, Edward tidak menjelaskan apa yang menjadi penyebab delay.

Sebelumnya, 10 jadwal penerbangan Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, terhitung sejak pukul 15.00 WIB mengalami delay dan tidak ada kepastian kapan akan diberangkatkan. Hal itu membuat ribuan penumpang panik dan kesal.

Mereka kemudian menyandera tiga staf Lion Air. Ketiga staf ini tidak dibebaskan sebelum ribuan penumpang yang mengalami delay mendapat kepastian dari pihak Lion Air.

sumber : merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge