0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Permasalahan Keraton Dituntaskan Satu Persatu

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Permasalahan yang membelit tubuh keraton Kasunanan Surakarta dinilai sudah semakin melebar. Sejumlah kalangan menilai permasalahan yang ada di dalam kompleks keraton diselesaikan satu persatu terlebih dahulu.

Aktivis Komunitas Peduli Cagar Budaya Nusantara (KPCBN) HM Sungkar menjelaskan, belum tuntas masalah konflik internal tubuh keraton, kini muncul permasalahan baru. Yakni, keinginan warga magersari di tanah keraton minta diberi Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Harusnya diselesaikan satu persatu dulu. Masalah perpecahan internal dulu yang diselesaikan,” katanya Minggu (1/9).

Dirinya meminta kepada dua belah pihak untuk bisa menahan diri agar konflik yang terjadi tidak semakin melebar. Hal itu tidak menutup kemungkinan proses perdamaian antar kubu keraton semakin jauh dari harapan.

Terkait keinginan warga untuk bisa mensertifikatkan tanah mereka, ia menilai sah-sah saja. Sebab, di dalam Undang-undang no. 5/1960 tentang Peraturan Dasar-dasar Pokok Agraria sudah diatur syarat-syarat untuk mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) dari tanah swapraja.

Hanya, momen untuk mengajukan hal tersebut kurang pas. Sebaiknya rencana pengajuan SHM bagi warga magersari dilakukan setelah permasalahan di tubuh keraton benar-benar selesai.

Sebelumnya, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo telah memberi sinyal positif kepada warga magersari untuk mensertifikasikan tanah mereka. Sesuai dengan UU no. 5/1960 tentang Peraturan Dasar-dasar Pokok Agraria, dimungkinkan warga yang menempati tanah swapraja bisa mendapatkan SHM asalkan sudah tinggal di kawasan itu lebih dari 20 tahun.

Namun dari kalangan kerabat keraton menolak keinginan tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh kerabat dari kalangan pro-rekonsiliasi, GPH Madukusumo mengungkapkan, warga magersari yang tinggal di kawasan kompleks keraton tidak bisa mengklaim tanah yang mereka tempati dijadikan SHM. Alasannya, semua wilayah yang ada di dalam kompleks keraton semuanya dimanfaatkan oleh keraton



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge