0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panen Perdana, Digratiskan untuk Ratusan Warga Miskin

Ratusan buruh tani panenj gratis. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Ratusan warga kurang mampu di Desa Tawangsari Teras Boyolali, tersenyum gembira saat melakukan panen bersama di lahan kas desa yang disewa oleh kades setempat. Pasalnya, mereka yang selama ini bekerja sebagai buruh tani digratiskan memanen hasil padi di lahan seluas 1 hektar.

Panen diawali dengan tradisi wiwit atau tradisi yang biasa dilakukan sebelum panen, berupa sesaji jajan pasar . Setelah itu, warga yang sebelumnya sudah mendapat undangan langsung memanen padi di lahan yang berada di sebelah timur desa setempat. Hasil panen langsung dirontok di sawah dan gabah dibagi merata.

“Hasil panen bisa dibawa pulang ke rumah masing- masing tanpa dipungut biaya,gratis untuk mereka,” ujar Kades Tawangsari, Yayuk Tutik Supriyanti, ditemui disela-sela panen.

Dijelaskan, kegiatan sosial ini sebagai bentuk keprihatinan terhadap warganya yang tergolong kurang mampu. Apalagi, sebagian besar diantara mereka adalah para buruh di sawah. Diharapkan, hal itu bisa mengurangi beban warga miskin.

“Sekaligus ini sebagai bentuk terima kasih atas jerih payah warga membantu menggarap sawah. Sebelumnya, hasil panen dikurangi seperempat bagian untuk petani penggarap. Ini sekaligus sebagai bentuk rasa syukur keberhasilan panen perdana,” imbuhnya.

Disisi lain, warga yang mendapat kesempatan tersebut mengaku sangat gembira. Pasalnya, jatah padi yang diberikan bisa membantu, apalagi selama ini, penghasilan sebagai buruh tani sangat minim.

“Senang sekali, boleh ikut memanen dan hasilnya dibawa pulang,” ujar Painem (55).

Warga lain, Wiryo Tiarso (60) mengaku, panen gratis baru dilakukan kades baru saat ini. Dia berharap kegiatan tersebut bisa memacu perangkat desa dan warga yang mampu untuk berbuat serupa. Sehingga beban warga miskin bisa berkurang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge