0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diskusi Matikan TVmu

Garin Nugroho : Prihatin Dengan Kondisi TV Indonesia Saat Ini

Solo – Perkembangan TV yang sudah sedemikian rupa, berakibat bagi masyarakat dalam membentuk apresiasi yang dangkal. Pernyataan tersebut dilontarkan Garin Nugroho dalam diskusi Matikan TVmu yang digelar di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Jumat (28/1).

Dalam acara tersebut, Garin mengungkapkan keprihatinannya terhadap perkembangan sinema saat ini terutama ketika bisnis sinetron mulai meraja di tanah air. “Coba kita lihat, di Indonesia ini budaya lisan yang masih kuat. Jika budaya lisan ini dikuasai oleh tayangan sinetron yang ada di TV itu akan mematikan apresiasi masyarakt terhadap film,” paparnya.

Dari situlah terbentuklah masyarakat TV yang dalam kesehariannya selalu mengkonsumi informasi-informasi yang ada di dalam TV tersebut. “TV yang merupakan ruang publik sekarang sudah menjadi alat konsumerisme. Bisa dilihat dari tayangannya sinetronnya. Kadang naskah dalam sinetron bisa berubah-ubah tergantung selera masyarakat seperti apa,” ujarnya.

Selain itu Garin juga prihatin karena ia melihat kualitas akting semakin menurun. “Coba kita lihat seberapa banyak sih, artis sinetron yang benar benar bisa berakting,” katanya. 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge