0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menggugah Kesadaran Lewat Bingkai Foto

Pengunjung CFD melihat pameran foto, Minggu (13/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Berbagai cara dilakukan untuk menggugah kepekaan sosial masyarakat, salah satunya dengan hasil jepretan kamera dari Badan Pres Mahasiswa (Bapema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Sebelas Maret (FE-UNS) Solo di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (13/1).

Mereka memajang dengan rapi sekitar 20 foto yang bertemakan. “Kami Masih Ada”, tepat di bawah jembatan penyeberangan.
Foto-foto yang dipamerkan tersebut diantaranya ada foto tukang becak yang asyik telelap, simbah peminta-minta dan juga gelandangan.

Foto+foto tersebut langsung menggoda setiap mata pengunjung CFD yang melihat. Tak ayal, beberapa dari mereka mengamati dengan seksama foto yang dipajang. Banyak meluncur kata-kata yang mengapresiasi terhadap gelaran pemeran foto sosial itu.

“Bagus. Jadi terenyuh liat foto yang sepatutnya membuat kita senantiasa bersyukur dengan keadaan,” terang seorang warga Siti Karomah (30) pada suaminya.

Warga yang kebetulan menikmati gelaran khusus di Minggu pagi, CFD itu pun menyempatkan waktu  mampir sebentar.

Menurut warga Solo Baru yang setiap pagi berolahraga di Jalan Slamet Riyadi itu, dari foto-foto tersebut membuat orang yang melihat lebih banyak bersyukur. Selain itu, juga membuat orang membuka mata dengan keadaan di sekelilingnya. Terutama untuk orang peminta-minta atau pengemis dan juga gelandangan yang setiap hari terkadang ditemui. “Ini juga menjukkan pada kita. Di zaman yang sudah merdeka ini, masih banyak yang belum sejahtera,” tuturnya.

Pemimpin Umum (PU) Bapema FE UNS, Kukuh Setya Nugraha mengatakan, pameran tersebut adalah puncak acara dari lomba foto yang sebelumnya diadakan. Dengan pameran itu, diharapkan akan membuat anggota lebih menempa kemampuan mengolah kameranya. Disamping itu, menunjukkan pada warga terhadap kondisi di sekitarnya.

“Kita memang sengaja mengambil tema sosial, biar lebih dekat dengan warga. Terutama untuk kesenjangan yang masih ada itu,” papar dia.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge