0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsorsium Terbentuk, Dishubkominfo Beli 10 Bus BST

Batik Solo Trans (BST) (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Rencana pembelian 10 armada Batik Solo Trans (BST) segera direalisasikan. Pasalnya, konsorsium yang nantinya akan mengelola BST yaitu PT Bengawan Solo Transport  telah terbentuk.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad mengatakan  PT Bengawan Solo Transport selaku konsorsium, sudah memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). “Administrasi sudah selesai. Namun, saat ini belum aktif mengelola BST,” jelasnya, Kamis (31/1).

Belum aktifnya, konsorsium tersebut lantaran belum adanya penambahan bus guna operasional BST. “Segera kami proses untuk pembelian bus. Karena administrasi konsorsium  menjadi syarat untuk pembelian bus itu. Setelah bus ada, nanti juga ada MoU (memorandum of understanding) antara konsorsium dengan pemkot terkait status bus. Apakah  sebagai pinjam pakai atau seperti apa,” urainya.

Ditegaskan Yosca, konsorsium tersebut bakal mulai mengelola koridor BST 2013 ini. “Tahun ini harus dikelola konsorsium. Kalau konsorsium itu kan terdiri dari enam PO bus kota ditambah Damri. Untuk koridornya direncanakan nanti menjadi sembilan koridor,” katanya.

Lebih lanjut, Yosca menuturkan meski BST dikelola oleh pihak ketiga, namun pengelolaannya tetap tak bisa dilepaskan dari campur tangan pemkot. Pemkot, lanjutnya, memiliki kewenangan untuk mengatur regulasi termasuk standar operasional prosedur (SOP) pengelolaan koridor BST. Selain itu, lanjutnya, dalam UU No 22/2009 juga mewajibkan pemerintah untuk memberikan subsidi bagi perusahaan transportasi umum.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto mengaku belum mendapat penjelasan dari Dishubkominfo terkait pembentukan konsorsium. Pihaknya tidak akan mencairkan anggaran pembelian 10 bus BST senilai Rp. 6 miliar dari APBD 2013 jika belum ada kejelasan terkait konsep konsorsium. “Belum ada penjelasan tentang konsorsium. Pekan depan coba kami tanyakan ke Dishubkominfo saat rapat kerja dengan kami,” ungkapnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge