0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Ritual-ritual Menyambut Imlek

Warga Tionghoa melakukan ritual sembahyang di Klenteng Tien Kok Sie di Jl RE Martadinata, Solo. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Menyambut Tahun Baru Imlek 2564, Klenteng Tien Kok Sie di Jl RE Martadinata, Solo mulai berbenah. Semerbak aroma dupa begitu harum dan khas tercium hingga ke luar klenteng di selatan kawasan Pasar Gede tersebut.

Humas Klenteng Tien Kok Sie, Aryanto Wong mengatakan, pihaknya telah siap untuk menyambut pergantian tahun baru Cina. Hal itu diwujudkan dengan membersihkan sekitar 17 altar dan puluhan rupang (patung) dengan membasuhnya menggunakan air bersih.

Selain itu, lilin-lilin yang berada di dalam klenteng pun juga tidak luput dari perhatian. Beberapa lilin yang hampir habis diganti dengan yang baru, sehingga menerangi bagian dalam klenteng dan memunculkan kesan keindahan di dalamnya.

“Pembersihan altar dan rupang ini merupakan bagian dari menyambut datangnya Imlek. Selain itu juga penggantian lilin bagian dalam klenteng juga merupakan tradisi tahunan menyambut Imlek,” katanya.

Menurutnya, dengan pembersihan serta penggantian penerangan tersebut diyakini dapat menimbulkan semangat baru di tahun depan. Tidak hanya itu saja, sejumlah ritual khusus juga akan dilaksanakan, yaitu upacara Pao Oen yang merupakan permohonan ampun dan dilanjutkan dengan pelepasan 888 burung pipit ke udara dan 888 ikan lele ke Bengawan Solo, 3 Februari. “Ini disukai warga Tionghoa dan akan membawa kehidupan yang lebih baik,” terangnya.

Ditambahkan, ritual lain yang akan dilaksanakan menyambut Tahun Baru Imlek 2564 yaitu sembahyang pada Dewa Zhiao Jun (Dewa Dapur), 4 Februari. Dewa Dapur itu dipercaya akan naik ke langit untuk menyerahkan rapor perbuatan baik dan buruk pada penguasa langit. Kemudian 9 Februari malam, umat Tionghoa akan mengikuti acara Thiam Ting atau menyalakan lentera. “Tepat 24.00, bedug dan lonceng ditabuh dan dipukul 36 kali agar pintu langit terbuka, sehingga doa kami diterima,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge