0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Gunungan Hasil Bumi Dikirab ke Buk Teko

Arak-arakan dua gunungan meriahkan Kirab Sedekah Bumi di Sudiroprajan, Kamis (31/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ratusan warga Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres menyaksikan Kirab Sedekah Bumi yang dipusatkan di Buk Teko, di Jalan Kapten Mulyadi, Kamis (31/1) sore. Kirab ini merupakan rangkaian dari perayaan Grebeg Sudiro yang bakal digelar pada Minggu (3/2) mendatang.

Sedikitnya dua buah gunungan yang terdiri dari hasil bumi dan jajanan pasar dikirab mengelilingi jalan-jalan kampung di daerah Sudiroprajan. Rute yang diambil dalam kirab tersebut meliputi kelurahan Sudiroprajan menuju Kampung Kepanjen, Balong, Kretek Abang, SD Sudiroprajan dan berakhir di Jalan Kapten Mulyadi.

Lurah Sudiroprajan, Dalimo mengaku, kirab ini merupakan rangkaian dari Grebeg Sudiro. “Acara ini telah rutin diadakan dan telah menjadi agenda tahunan. Bahkan sebelum Grebeg Sudiro ada. Setelah adanya Grebeg Sudiro, acara ini dijadikan menjadi satu rangkaian penyambutan pergantian tahun baru Cina,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, Kirab Sedekah Bumi tersebut dimaksudkan agar generasi muda sekarang ini tidak melupakan tradisinya. Disamping itu juga sebagai perekat antar etnik terutama Jawa dan Tionghoa yang berada di daerah Sudiroprajan.
“Dengan adanya even ini kami berharap persaudaraan antar etnik ini dapat terjalin sampai kapanpun,” pungkasnya.

Perayaan kirab dilaksanakan dengan nuansa kejawen yang sangat kental. Hal itu dimaksudkan supaya masyarakat dapat mengambil makna filosofis dibalik gelaran itu yaitu wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan diberkahinya rezki kepada semua manusia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge