0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru Cabul Dituntut 4 Tahun Penjara

Terdakwa pencabulan 4 siswi SD, Suroso keluar dari persidangan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sidang kasus pencabulan yang dilakukan mantan guru agama terhadap empat siswinya kelas 2 SD terus bergulir. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa dengan hukuman penjara empat tahun dan denda Rp 60 juta potong masa penahanan.

Terdakwa pencabulan, Suroso (54), mantan guru agama SD di Teras, terlihat lesu saat keluar dari ruang persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Boyolali, Kamis (31/1). Suroso yang dikawal petugas enggan memberikan keterangan saat ditanya wartawan.

Sidang pencabulan yang berlangsung tertutup ini dipimpin Ketua Majelis Hakim, Bambang Eka Putra. Dalam sidang tersebut, JPU, Ikke Nurjanah mengaku, terdakwa terbukti melakukan tindak pencabulan terhadap empat siswinya. Terdakwa didakwa pasal 82 UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman minimal 3 tahun dan maksimal 15 tahun.

“Ancamannya memang sampai 15 tahun, tapi dalam kasus ini terdakwa hanya melakukan pencabulan hanya memegang alat vital korban, beda kalau sudah melakukan persetubuhan,” ungkap Ikke ditemui usai sidang.

Hal yang memberatkan terdakwa menurut Ikke adalah, terdakwa tidak memberi contoh yang baik sebagai pendidik. Perbuatan terdakwa dinilai menimbulkan aib di keluarga korban. Sementara yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan sudah meminta maaf kepada keluarga korban.

Disisi lain, Pengacara terdakwa, Alif Arifin akan melakukan pembelaan pada persidangan berikutnya. Alif meminta terdakwa dihukum seringan-ringanya, mengingat terdakwa sudah mendapatkan hukuman, yaitu dipecat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Nanti kita akan melakukan pembelaan,” tandas Alif Arifin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge