0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkes Resmikan Rumah Riset Jamu Tawangmangu

Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi Sp.A MPH meresmikan Rumah Riset Jamu Hortus Medicus dan Gedung Pelatihan Iptek Tanaman Obat dan Jamu, Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Menteri Kesehatan (Menkes) dr Nafsiah Mboi SpA MPH, Kamis (31/1) meresmikan Rumah Riset Jamu Hortus Medicus dan Gedung Pelatihan Iptek Tanaman Obat dan Jamu, Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), di Tawangmangu, Karanganyar.

“Hasil riset dan bukti-bukti ilmiah ini akan semakin meningkatkan kepercayaan atau trust para dokter, tenaga kesehatan, juga para ilmuwan bahkan masyarakat tentang manfaat jamu untuk kesehatan,” kata Menkes.

Menkes mengatakan beberapa dasawarsa terakhir, dunia sudah memposisikan obat tradisional, termasuk ramuan atau jamu dan ketrampilan, sebagai pilihan untuk pengobatan dan untuk menjaga kebugaran bagi masyarakat. Berbagai negara seperti China, Korea, India dan Thailand sudah sangat maju dalam pengembangan obat tradisional berkat dukungan dan komitmen pemerintah.

“Saya yakin dan percaya bahwa cita-cita menjadikan jamu sebagai mainstream perekonomian Indonesia dan meningkatkan devisa negara akan terwujud, sebab Indonesia mempunyai ribuan jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan,” tambah Menkes

Pada kesempatan tersebut, Menkes meminta B2P2TOOT Tawangmangu terus meningkatkan riset tanaman obat dan jamu, sebab ada ribuan ramuan di Indonesia yang perlu dibuktikan keamanan dan khasiatnya bagi kesehatan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge