0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Resiko Terkena Serangan Jantung Berkurang Sepertiga untuk Vegetarian

Sayuran. (Dok:Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net — Sebuah penelitian baru di Inggris menyimpulkan bahwa para vegetarian memiliki resiko sepertiga kali lebih kecil untuk mendengar penyakit jantung daripada mereka yang makan daging.

“Kebanyakan perbedaan dalam resiko dikarenakan efek dari kolesterol dan tekanan darah, dan fakta pentingnya peran pola makan dalam pencegahan penyakit jantung,” kata pemimpin penelitian Dr Francesca Crowe, dari divisi epidemiologi kanker di Universitas Oxford dalam sebuah rilis pers dilansir oleh PressConnects.com.

Penelitian ini melibatkan sekitar 45 ribu orang di Inggris dan Skotlandia. Sepertiga peserta adalah vegetarian, yaitu mereka yang hanya makan sayur dan buah serta menghindari produk-produk hewani seperti daging, ikan dan telur. Menurut tim peneliti, memiliki sepertiga vegetarian dalam sebuah penelitian adalah suatu hal yang langka dan membuat mereka bisa melakukan perbandingan yang lebih tepat tentang resiko penyakit jantung di antara vegetarian dan non-vegetarian.

Para peserta penelitian dilibatkan selama tahun 1990-an dan mereka semua diminta menyediakan informasi mengenai kesehatan dan gaya hidup saat mereka turut serta dalam studi tersebut. Sekitar 20 ribu relawan juga dicek level kolesterol dan tekanan darah dan terus ditindaklanjuti sampai 2009.

Selama periode tindak lanjut, penyakit jantung diderita lebih dari 1200 orang, dan 169 orang meninggal karenanya.

Tim Crowe menemukan bahwa vegetarian memiliki resiko 32 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan daging atau ikan. Vegetarian umumnya memiliki tekanan darah dan tingkat kolesterol yang lebih rendah dibanding non-vegetarian.

Para vegetarian juga cenderung lebih ramping dan jarang terkena diabetes. Penelitian ini dilaporkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition edisi Januari.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge