0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bondan: Jangan Bunuh Kera Wonogiri

Aksi penanaman bibit pohon buah oleh ormas MGM Wonogiri, Kamis (31/1) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Penanaman ribuan bibit pohon buah di Dusun Soko Gunung, Desa Sendang, Kecamatan Kota, Wonogiri hari ini, Kamis (31/1), disebut sebagai titik awal langkah serupa bagi daerah lain di Kota Sukses. Aksi ini bermuara pada penyediaan makanan alami bagi kera, sekaligus melindungi dan melestarikan habitat kera di pegunungan.

Ada sebanyak 10 ribu bibit tanaman buah kegemaran kera yang ditanam di Soko Gunung. Ada talok, jambu mete, jambu biji, dadap hutan dan salam. Aksi penanaman itu sendiri melibatkan anggota ormas MGM (Masyarakat Gajah Mungkur), kelompok nelayan Mina Tirta Mulya beserta warga sekitar.

“Kera itu kalau persediaan makanan di hutan mencukupi, tidak mungkin akan menyerang lahan pertanian masyarakat. Jadi, hemat kami, untuk menanggulangi serangan kera itu bukan dengan membunuhnya. Tapi dengan menyediakan makanan bagi mereka. Hal itu nantinya secara otomatis akan membuat kera tetap berada dalam koloninya di hutan, dan tidak lagi menyerang lahan warga,” ujar Ketua Ormas MGM, Bondan Sejiwan Boma Aji di sela-sela aksi penanaman.

Terlebih, lanjut Bondan, hutan di sekitar lokasi Soko Gunung termasuk kawasan hutan lindung. Bukan kawasan hutan industri. Sehingga segala isi hutan, baik flora maupun fauna wajib mendapatkan perlindungan dan penyelamatan.

Hal ini dibenarkan Kepala Pemangkuan Resort Hutan (KPRH) Cubluk, Sukatno. Disebutkan, hutan di Soko Gunung memang telah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung. Ada seluas 11,2 hektar di petak 15 D milik Perum Perhutani di Soko Gunung. Kesemuanya saat ini dihampari tanaman Akacia Califormis (akasia) yang ditanam sejak tahun 1986.

Menurut Bondan, penanaman bibit buah bakal dilaksanakan secara reguler. Tidak hanya satu kali itu. Dasar gagasannya, anggota koloni kera sangat banyak, alhasil perlu penyediaan pohon buah lebih banyak pula.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge