0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satu Dusun di Kota Wonogiri Belum Dialiri Listrik

Kepala Desa Sendang, Wonogiri Kota, Budi Hardono (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Ironis. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi yang dialami warga Dusun Kolotoko, Desa Sendang, Kecamatan Kota Wonogiri. Bagaimana tidak? Meski berada di wilayah kota, mereka justru belum bisa menikmati aliran listrik.

Saat ini di ada 19 KK (Kepala Keluarga), yang masuk dalam satu RT di Dusun Kolotoko. Tidak ada satu pun dari mereka yang mendapat pasokan aliran listrik resmi dari PLN. Hanya ada beberapa warga yang mendapatkannya secara tidak resmi melalui mekanisme “ngganthol”.

Menurut penuturan Kepala Desa (Kades) Sendang, Budi Hardono, selama ini listrik menjadi hal yang paling didambakan warga Kolotoko. Dirinya mengaku kondisi tersebut sangat menyesakkan dada. Mengingat lokasi dusun di dalam wilayah Kecamatan Kota.

“Memang kami akui akses masuk Dusun Kolotoko sangat susah, hanya ada jalan setapak. Serta, berada agak terpisah dengan dusun lain, juga di atas pegunungan. Tapi mbokyao diperhatikan soal listrik itu. Apalagi lokasinya masuk kecamatan kota, ” ujar Budi Hardono di perbukitan Soko Gunung, Kamis (31/1).

Sebenarnya, begitu diterangkannya, beragam upaya sudah dilakukan, guna mendapatkan pasokan listrik. Seperti pengajuan berulangkali ke pihak PLN. Tak hanya surat permohonan, di dalamnya dilampiri pula tandatangan dari seluruh warga dusun.

“Sudah ada pengecekan dari pegawai PLN. Tapi jawaban mereka, terbentur soal keterbatasan anggaran untuk pengadaan tiang. Padahal, warga kami sudah sanggup mengatasinya. Jika diperlukan secara sukarela, warga akan membuat sendiri tiang dari kayu jati, ” tandas Kades muda tersebut.

Dihubungi terpisah, tokoh masyarakat desa Sendang, sekaligus mantan Camat Baturetno, Panut Boma S berujar akan ikut membantu permasalahan itu. Satu cara diusulkannya. Yakni, melalui pembuatan jalan aspal penghubung Dusun Kolotoko dengan dusun lainnya.

“Saya sudah berbicara dengan Firman Subagyo (Ketua Komisi IV DPR RI) soal jalan itu. Dan beliau memberikan respon baik, ada lampu hijau,” kata Panut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge