0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koperasi Tidak Aktif akan Dihilangkan

Solo — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah saat ini tengah mengurangi koperasi yang tidak aktif. Selama ini tidak semua koperasi memiliki kinerja yang baik.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari mengatakan, Kementerian Koperasi juga menekankan perlunya penanggulangan serius terhadap upaya pemupukan semangat wira usaha.

Chairul mengatakan, jumlah koperasi pada tahun 2012 tercatat ada lebih dari 194.000 koperasi. Selama tahun 2012 perkembangannya memang selalu dinamis. “Kami memang bangga atas penambahan secara kuantitatif, tetapi itu lepas dari kenyataan bahwa semua koperasi tidak bekerja dengan baik,” jelasnya.

Tahun ini Kementerian Koperasi bisa melampaui target sebesar 200.000 koperasi. Dengan komposisi prosentase koperasi yang tidak aktif ditekan seminim mungkin.

Terkait dengan hal tersebut Kementerian Koperasi juga akan melakukan program revitalisasi koperasi unit desa. Dulunya belum berkinerja dengan baik, kini kementerian sedang berupaya untuk mengoptimalkan fungsi dari koperasi unit desa tersebut.

Sementara itu Choirul mengungkapkan,pada 2012 jumlah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah melampaui target. “Dari target tahun 2012 sebesar Rp 30 triliun, ternyata capaiannya sebesar Rp 32 triliun lebih,” ungkapnya kepada wartawan usai menguji ujian doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS), Rabu (30/1).

 



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge